Tags:

155225p

Kita semua para penggila internet tentu sudah tidak asing lagi dengan browser besutan Microsoft ini, Internet Explorer (IE). Browser ini merupakan bawaan dari setiap produk Windows. Namun ternyata browser ini sangat lemah terhadap serangan dari luar, dalam arti kata celah keamanan IE ini sangat lemah. Bahkan salah satu provider antivirus terkemuka Kaspersky mengemukakan banyaknya kode berbahaya dalam IE yang sangat melemahkan, sepeti mudahnya pertumbuhan Malware, dapat menyerang para pengguna Internet banking dengan Trojan -banker Win32 Banker, mencuri data personal dari pengguna komputer yang terinfeksi di jaringan zombie, dan yang tak kalah pentingnya ialah menyerang situs yang berpotensi lemah terhadap serangan SQL Injection…(waw… ternyata banyak banget celah keamanan yang dapat diserang…). Walaupun kini IE sudah mengeluarkan versi IE terbarunya, IE 8 Beta 2,dan  Microsoft juga telah merilis daftar keamanan yang menjadi perhatian,seperti menyarankan untuk menonaktifkan Active Scripting ketika browsing dan mengaktifkan Memory protection namun berdasarkan penelitian yang dilakukan ama orang – orang pinter disana( selain orang-orang dari Microsoft tentunya..:), versi IE ini juga memiliki celah kelemahan yang sama, dan tetap rentan terhadap serangan luar seperti versi sebelumnya. Oleh karena itu, Kaspersky bahkan meyarankan para pencinta internet, terutama yang suka jalan-jalan di dunia maya ( bukan jalan-jalan dengan Luna Maya lho…ha3x:) untuk menggunakan browser2 lain, seperti Mozilla, Opera, atau browser ciptaan Om Gugle, Chrome yang lebih aman, dan sulit untuk ditembus…(termasuk saya sendiri udah ga pake IE lagi, sekarang make Mozilla Firefox 3.1 beta 2, ama Google Chrome 1.0 ).

Selain itu juga se, menurut pengamatan saya selama menggunakan IE (ver. 6 dan 7) emang banyak kelemahan dengan browser-browser lain seperti Mozilla Firefox, dan Chrome 1.0, salah satunya dari segi kecepatan browsing IE jauh tertinggal dari kedua browser ini, trus dari segi aplikasi yang ada, IE Ver 7 belum memiliki fasilitas ” Private Browsing” ( bisa browsing tanpa diketahui orang lain lho, asik kan, jadi bisa buka apa aja…hi..hi), seperti yang sudah dimiliki ama Mozilla 3.1 Beta 2, dan Chrome ( makanya saya pindah ke lain hati, eh maksudnya ke lain browser, yaitu Mozilla dan Chrome…). Walaupun kabarnya Versi IE terbaru 8 Beta 2 udah mulai make aplikasi ini, tapi se menurut saya tetap aja ketinggalan dari kedua browser tersebut.

Yah…mudah-mudahan kalo Microsoft mau ngeluarin versi IE yang baru lagi, harus lebih baik dan lebih canggih lagi, biar ga kalah dari browser-browser lainnya.

sumber:http://ecomet.wordpress.com